Minggu, 12 Juni 2011

Tips Tumis-Menumis

Ada beberapa tips yang mau saya bagikan berkaitan dengan tumis-menumis, berikut tipsnya:

1. Jika ingin menumis bawang dan cabe yang sudah diiris, jangan jadikan satu. Akan tetapi, tumis bawangnya dulu sampai harum, baru kemudian cabenya. Menumis cabe terlalu lama akan mengurangi tingkat kepedasan yang akan dihasilkan dari cabe tesebut, dan juga membuat cabe layu dan tidak segar sehingga tampilannya kurang menarik.

2. Jika ingin membuat sambal goreng, maka goreng dulu bahan-bahan untuk membuat sambal baru kemudian diulek. Jangan diulek dulu baru digoreng. Rasanya akan beda.

3. Menumis jangan terlalu sebentar atau terlalu lama, terlalu sebentar akan membuat bumbu tidak matang sehingga rasa dan aroma makanannya jadi tidak enak, terlalu lama juga akan membuat bumbu gosong. Tumislah bumbu sampai berbau harum dan agak kecoklatan atau kekuningan, karena hal ini menandakan bumbu tersebut sudah matang.

4. Jika ingin membuat tumis sayur, maka setelah bumbu ditumis, masukkan juga sayurnya agar ikut ditumis bersama bumbu, baru tambahkan sedikit air. Menumis sayur bersama bumbu akan membuat aromanya lebih menyatu dengan sayur. Demikian pula jika menumis bahan makanan lainnya.

Tips diatas berdasarkan pengalaman dan pendapat pribadi penulis. Pembaca boleh saja percaya boleh juga tidak. Boleh mencoba, boleh tidak. Boleh setuju, boleh tidak. Semuanya boleh deh...

1 komentar:

  1. terima kasih atas inspirasinya! Betul sekali, makanan lezat serta sehat memang sangat penting, akan tetapi memasak dengan alat masak yang tepat juga sama pentingnya.


    Tips Menggunakan Presto

    BalasHapus